Jalan Pintas: Mengenal Pemrograman Ruby

Appendix

Terus Ruby Buat Apa?

Biasanya web apps atau static site generator. Frameworknya cukup banyak tapi yang paling populer adalah Rails. Framework populer lain adalah Sinatra dan Padrino. Situs ini menggunakan Middleman.

Install Ruby Multiversi

Biasanya kalau sudah ada project besar dan mau upgrade, perlu coba-coba sendiri dulu bagaimana versi baru mempengaruhi code project yang sudah ada. Karena itulah, install Ruby Multiversi diperlukan.

Untuk mengatur instalasi Ruby multiversi, kamu bisa menggunakan RVM atau rbenv. Selama ini saya masih pake RVM, jadi sejujurnya masih kurang tahu rbenv seperti apa. Kalau kamu mau pakai RVM, kamu tinggal ikuti instruksi dari website RVM. Kalau kamu instal Ruby pakai RailsInstaller, RVM sudah termasuk dalam instalasi juga.

Kalau pakai RVM, ini beberapa cara install Ruby beda versi.

# Terminal
rvm install ruby-1.9.3 # tidak pakai nomor patch
rvm install ruby-1.9.3-p194 # pakai nomor patch
rvm install ruby-2.0.0

Berikut ini cara untuk memilih versi Ruby yang akan dipakai di Terminal.

# Terminal
rvm use 2.0.0
rvm use 1.9.3-p194

Tempat Lain untuk Belajar Ruby

Kalau mau belajar Ruby lebih mendalam, coba buat side project, bisa sendiri atau bersama teman-teman. Kalau kehabisan ide, kamu bisa buat TODO, aplikasi Sosial Media, e-commerce, atau main-main dengan API sosial media seperti Facebook Graph atau Twitter.

Sumber pembelajaran Ruby dalam Bahasa Indonesia masih belum menjamur seperti PHP. Jika kamu tidak keberatan belajar Ruby dengan Bahasa Inggris, cek beberapa buku atau screencast berikut.

Berikut ini beberapa link untuk belajar Ruby dalam Bahasa Indonesia.

Terkadang, orang-orang menulis artikel untuk Ruby on Rails, tetapi sesungguhnya mereka juga menjelaskan Ruby sedikit. Berikut ini beberapa link mengenai Ruby on Rails.

Ruby 2.0

Ruby 2.0 baru keluar lho! Perbedaannya tidak begitu banyak, tetapi mungkin kamu perlu tahu beberapa perubahan syntax dan API yang bisa mempermudah kamu. Temukan info selengkapnya di situs ini.

<< Bab sebelumnya -- Bagian 2: Coba-Coba Sendiri

Daftar IsiCoba RubyInstall RubyKontak
Daftar IsiCobaInstall@

Daftar Isi

  1. Bagian 1: Dasar-Dasar Pemrograman Ruby
  2. Bagian 2: Coba-Coba Sendiri
  3. Appendix
puts "Halo Ruby!"
Jalankan

Output